cara menanam stroberi

Tanam Buah Stroberi di Balkon Rumah Enak Kali Ya, Cobain Yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Punya rumah yang ada balkonnya? Mungkin selama ini hanya menjadi area bercengkrama dengan anak atau suami dan isteri saja. Karena balkon biasanya memang berupa ruang kecil yang berada di bagian atas rumah dan kerap dijadikan tempat santai atau menikmati suasana malam nan syahdu.

Namun, meskipun tergolong ruang kecil tapi jika ditambah beragam tanaman mungil tentu balkon akan semakin membuat kita betah berlama-lama di balkon. Tentunya, penambahan tanaman yang menghasilkan buah-buahan menambah asik saat kita berada di tempat favorite tersebut.

Duh, kebayang bagaimana saat di tengah temaram lampu pijar yang kita nyalakan saat malam tiba ditemani secangkir teh dan menikmati sebuah stoberi manis asam  yang dipetik langsung dari tanaman di balkon. Suasana dimana bisa minum sambil menikmati buah-buah yang kita rawat tentu menjadi momen yang pastinya sangat menyenangkan.

Lalu apakah semua buah-buahan cocok ditanam dan dirawat di balkon?

Buah yang cocok di tanam di balkon rumah

Menjadikan buah untuk dibudidayakan di balkon tentunya bukan hanya menambah nyaman saat berada di lokasi favorit itu. Mengutip erabaru.net, berikut tanaman yang cocok untuk dirawat di balkon:

Mangga

Ternyata meskipun tergolong jenis tanaman yang berbatang besar, mangga termasuk salah satu buah-buahan yang bisa dibudidayakan di balkon. Kekinian, memang banyak tanaman khususnya buah-buahnya yang bisa dibudidayakan dalam pot. 

Penjual bibit buah mangga yang bisa ditanam dalam pot atau hasil okulasi, hampir ditemukan di tiap kota. Bahkan, di pasar digital pun banyak toko yang menawarkan bibit beragam buah yang biasa ditanaman dalam pot atau biasa disingkat tabulampot.

Buah Ara atau Tin

Buah ara atau buah tin, budidaya tanaman yang konon banyak sekali manfaatnya termasuk untuk pengobatan alternatif ini sempat “booming” beberapa waktu lalu. Pecinta tanaman ramai-ramai menanam pohon ini.

Apalagi penjual bibit buah tin tersebut, cukup memudahkan pembeli dengan telah menyediakan  tanaman yang siap dipindahkan alias sudah hidup berkisar 20 centimeter dalam polybag.

Tomat ceri

Tomat jenis ini, bagi sebagian penggemar tomat rasanya cenderung agak asam. Tetapi sensasi rasanya membuat banyak penggemar tomat lebih memilih tanaman kaya vitamin C ini untuk dikonsumsi.

Menanamnya pun, tidaklah sulit diawali dengan menaburkan bibit tomat ceri yang sudah tidak terpakai ke media tanam berupa tanah yang telah dicampur pupuk kompos atau pupuk kandang. Setelah dipindahkan, tanaman ini membutuhkan air yang seimbang dengan kondisi media tanamnya.

Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu tanaman yang paling banyak digemari karena rasanya yang manis dan tekstur yang lembut membuat buah ini jadi disukai semua umur dari anak-anak sampai orang tua.

Menanam buah naga di balkon juga bisa menjadi pilihan karena perawatannya tidak sulit dan tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam buah tersebut.

Anggur

Buah anggur sebenarnya mudah ditanam, selama memiliki balkon yang memadai, pot yang cukup besar, dengan kedalaman lebih dari empat puluh sentimeter.

Perhatikan tanahnya harus gembur, anggur suka dengan air, tapi akarnya takut tergenang air, karena itu, banyak yang gagal menanam buah anggur, gara-gara akarnya busuk terendam, hal ini dikarenakan air di dalam pot tidak segera dibuang.

Stroberi

Buah imut berwarna merah ini juga bisa cocok untuk tanaman balkon. Stroberi juga termasuk dalam kategori tanaman yang tidak sulit ditanam sehingga tidak memerlukan keterampilah khusus.

Cara menamam stroberi di balkon

Stroberi  buah yang biasanya diidentikan dengan bentuk cinta ini, bukan hanya enak di jus atau dibuat beragam puding buah dan campuran es buah. Namun, stroberi juga lazim digunakan menjadi salah satu bahan tambahan kue.

Dengan banyaknya manfaat dan ide olahan stroberi, alangkah menariknya memiliki tanaman stroberi sendiri di rumah. Cara menanam stroberi pun tidak sulit. Anda yang ingin menanam di balkon rumah, cukup memeperhatikan beberapa hal saja.

Pertama, pastikan dulu cahaya yang memadai, jika sinar matahari tidak cukup, pertumbuhan stroberi akan terganggu. Stroberi juga menuntut drainase yang baik, jika tidak mahkotanya dapat membusuk akibat tanah yang terlalu basah.

Hal lain yang perlu diketahui untuk Anda yang ingin menanam stroberi di balkon rumah di antaranya:

1. Syarat Tumbuh Stroberi

Asupan sinar matahari selama 8-10 jam setiap harinya membantu stroberi tumbuh dengan baik.

Kelembapan antara 70-80% akan menstimulus pertumbuhan buah ini.

Derajat keasaman atau pH tanah yang ideal di dalam polybag atau pot adalah 6,5-7.

Media tanam harus bersifat poros, mudah menelan air, dan selalu terkandung unsur hara.

2. Cara Menanam Stroberi

Sebelum menanam, hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli bibit terlebih dahulu. Kita juga bisa melakukan pembibitan vegetatif dengan cara mengambil bagian batang sebagai cikal bakal tanaman.

Siapkan media pengisi untuk pot atau polybag terdiri dari susunan tanah dan pupuk kompos atau kandang dengan perbandingan 1:1. Kemudian, buatlah lubang dan tanam bibit atau batang stroberi ke dalamnya.

3. Penyiraman

Penggunaan alat penyiram khusus tanaman atau cerek khusus sangat diperlukan agar penyiraman dapat dilakukan dengan tepat. Penyiraman ini harus dilakukan secara intensif, bahkan jika perlu buatlah jadwal.

Hal yang harus dipastikan adalah memelihara kelembaban media tanam dengan tidak membiarkan tanahnya kering.

4. Penyulaman

Langkah penyulaman harus dilakukan jika stroberi mengalami gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, atau bahkan mati. Tukar tanaman yang mati dengan bibit baru di media tanam yang sama.

Penyulaman sendiri sangat penting dilakukan karena hal ini dapat mengidentifikasi masalah sehingga gagal panen dapat dihindari.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Keberadaan hama adalah salah satu masalah yang perlu diperhatikan penanganannya. Pastikan tidak ada hama yang menempel pada tanaman.

Untuk mencegahnya, kamu bisa menyemprotkan pestisida yang direkomendasikan untuk tanaman stroberi. Selain itu, pastikan juga tanaman ini tidak diserang oleh hewan lain, seperti burung merpati dan jenis burung lainnya.

Cara Pemupukan

Tak bisa dipisahkan lagi, pengaplikasian pupuk yang tepat dan waktu yang tepat juga menjadi kunci mendorong produktivitas tanaman kita termasuk juga buah stroberi. 

Saat usia tanaman memasuki usia 2 minggu, stroberi harus diberi pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Penggunaan pupuk organik atau anorganik sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan. Pastikan agar tidak ada pupuk yang mengenai organ tanaman seperti batang, daun, beserta buahnya.

Pupuk NPK Pelangi dengan komposisi 16-16-16 direkomendasikan untuk penggunaan tanaman stroberi. Pupuk NPK Pelangi  produksi PT Pupuk Kaltim, kini banyak dijual di depot-depot penjual tanaman dan pupuk. Kemasan pupuk ini juga tergolong praktis ada yang 2 kilogram per kantong.

Penerapan pupuk NPK Pelangi 16-16-16 sangat cocok untuk mendukung pertumbuhan daun dan buah dengan intensitas pemberian pupuk minimal sebulan sekali. Pengaplikasiannya cukup dengan menaburkan butiran pupuk ke dalam media tanam.

Pemberian pupuk, sebaiknya tidak sampai mengenai tanaman atau daun sehingga bisa efektif mendukung produktivitas tanaman buah stroberi yang kita tanam dalam pot area balkon.

Setelah proses pemupukan dilakukan optimal, pun begitu dengan perawatannya maka stroberi bisa mulai berkembang dan berbuah bahkan ada bibit yang bergaransi bisa panen saat usia 1 bulan. Namun, umumnya panen stroberi saat usia tanaman sudah memasuki 2 bulan.

Selamat mencoba ya, semoga balkonnya makin nyaman dan asik karena tanaman kita tidak hanya indah dipandang tetapi buahnya juga bisa dinikmati.

(Nila)