belajar urban farming untuk pemula

Urban Farming Ternyata Sudah Ada di Zaman Doraemon, Lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Saat ini aktivitas menanam atau berkebun di daerah perkotaan atau yang biasa disebut urban farming sangat banyak dilakukan banyak orang. Sejak Pandemi covid-19 menyerang yang mengharuskan orang- orang untuk tetap di rumah menjadi salah satu alasan urban farming menjadi tren baru. Ternyata urban farming tidak hanya ada saat-saat sekarang, di salah satu episode kartun tontonan Doraemon juga sudah ada urban farming.

Di episode “Menanam Ladang Paprika di Atas Loteng”, kartun ini menceritakan Nobita, Doraemon dan Ibu sedang makan bersama. Ibu mengharuskan Nobita untuk memakan sayuran salah satunya adalah paprika. Tetapi Nobita menolak dengan mengatakan bahwa ia tidak menyukai paprika karena rasanya yang tidak suka. Melihat Nobita yang tidak menyukai sayur-sayuran akhirnya, Doraemon mencari sebuah ide untuk mengajak Nobita melakukan kegiatan bercocok tanam. 

Ladang Paprika di Atas Loteng

Karena malas makan sayur, Doraemon mengajak Nobita untuk bercocok tanam. Namun karena saat itu musim dingin, Nobita bingung mau menanam di mana. Akhirnya Doraemon memilih untuk menanam di atas loteng. Dengan menggunakan bantuan teknologi dari kantong ajaib Doraemon, mereka berdua akhirnya memulai untuk menanam paprika. Doraemon mengatakan bahwa yang dibutuhkan adalah sinar matahari, dan lahan yang subur.

Doraemon menjelaskan langkah demi langkah bercocok tanam di atas loteng kepada Nobita. Pertama adalah menyemai bibit paprika di tempat semai. Kemudian, memasukkan satu benih per satu tempat semai.

Doraemon juga mengingatkan Nobita untuk selalu menyiram tanaman tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Setelah benih tumbuh menjadi bibit dengan tinggi 3-5 cm, Doraemon memindahkannya ke lahan. Sebelum pemindahan, Doraemon mempersiapkan lahan dengan baik. Kemudian membuat bedengan dengan tinggi 10 cm dan parit di sela- sela bedengan. Tanah harus merupakan tanah yang memiliki humus dan kompos. Selanjutnya bibit sudah bisa ditanam dengan jarak 5-10 cm di bedengan yang sudah dibuat tersebut.

Dikatakan Doraemon, untuk mendapatkan paprika yang enak, dibutuhkan perawatan yang baik, yaitu penyiraman, tercukupinya sinar matahari, dan pemberian pupuk. Selain itu pengendalian hama juga sangat penting.

Di episode tersebut, proses bercocok tanam Nobita dan Doraemon juga mengalami beberapa masalah. Paprika Doraemon dan Nobita yang sudah memiliki buah terkena serangan hama berupa serangga. Doraemon bersusah payah untuk mengusir serangga- serangga tersebut. Doraemon berusaha untuk mengusir serangga tersebut dengan cara membuangnya. Lalu memberikan insektisida agar serangga tak datang lagi.

Selain melakukan perawatan dan penyiraman yang teratur, Doraemon membagikan satu rahasia agar paprika semakin lezat dan tumbuh sehat, yaitu dengan menyayangi tanaman paprika itu sendiri. Doraemon melakukan percakapan dengan buah paprika sehingga mereka senang dan tumbuh menjadi paprika yang enak.

Pada awalnya, Nobita tidak mau berbicara dengan paprika karena tidak menyukai sayuran, sehingga sayuran merasa marah dan sedih. Mereka enggan untuk tersenyum pada Nobita. Akhirnya nobita mulai menyayangi paprika karena sedih melihat mereka terkena serangga. Dengan susah payah Nobita mengusir serangga- serangga tersebut dan menimbulkan rasa sayang. Setelah itu paprika yang dilihat nobita pun menjadi senang tersenyum dan tumbuh menjadi paprika yang lezat.

Semua Bisa Bercocok Tanam

Dari episode tentang menanam paprika di loteng bersama Doraemon tersebut, kita bisa melihat bahwa bercocok tanam bisa dilakukan oleh siapapun. Tekad dan keinginan adalah kunci utama dalam bercocok tanam. Seperti Nobita yang pada awalnya enggan akhirnya tetap bisa melakukan kegiatan bercocok tanam karena melihat Doraemon. Sama halnya dengan Nobita, kita juga bisa melakukan kegiatan bercocok tanam atau berkebun asal memiliki keinginan untuk belajar.

Saat ini media untuk mempelajari cara berkebun sudah sangat banyak.mulai dari video- video tutorial di Youtube, artikel- artikel tentang bercocok tanam di internet. Dan influencer- influencer yang sering membagikan kegiatan bercocok tanam mereka di instagram.  Demfarm.id adalah salah satu platform yang bisa menjadi sumber inspirasi untuk memulai bercocok tanam. Karena banyak artikel tentang yang inspiratif dan informatif. Selamat mencoba melakukan kegiatan bercocok tanam.

Penulis: Fitri